OUTING CLASS MAPK Solo : Menambah Wawasan, Merajut Jaringan, Mempersiapkan Masa Depan

6:33 AM


Outing Class atau pembelajaran di luar regular kelas merupakan salah satu program pembelajaran di MAPK MAN 1 Surakarta. Di madrasah besutan almarhum Prof. Munawir Sadzaly ini , banyak program kegiatan belajar yang bersifat pembelajaran di luar kelas seperti, praktek berdakwah dan mengajar Taman Pendidikan al-Qur'an di masyarakat, Camping Dakwah Ramadhan dan berkunjung atau kegiatan pembelajaran di lembaga-lembaga lain baik lembaga pendidikan maupun non pendidikan. Di antara instansi non pendididikan yang pernah didatangi peserta didik MAPK MAN 1 Surakarta adalah  Penerbit Tiga Serangkai, Jawa Pos di Surabaya dan Lembaga Astronomi BOSCA Bandung.
Bulan Maret 2015 ini tepatnya tanggal 24-25 para peserta didik kelas XI MAPK Surakarta bertandang ke Kota dingin Malang untuk mengunjungi UIN Maulana Malik Ibrahim dan UNIBRAW Malang. Di UIN para siswa mengunjungi International Class Program (ICP)  di FITK  untuk mengetahui lebih jauh tentang Kelas Internasional yang dikembangkan di UIN khusunya di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Hal ini tidak lepas dari kecenderungan peserta didik MAPK MAN 1 Surakarta selama ini yang banyak meneruskan ke Perguruan Tinggi Luar Negeri dan kelas-kelas internasional di Perguruan Tinggi Nasional. Dengan modal kemampuan bahasa Arab dan Inggris para alumni MAPK MAN 1 Surakarta memiliki peluang besar untuk masuk program-program tersebut. Dr. Hj. Sulalah , wakil Dekan Bidang Akademik, mengungkapkan keyakinannya bahwa SDM dari MAPK Solo sangat layak untuk bergabung ke ICP yang ada di UIN.
Di UNIBRAW  mereka mengunjungi Prodi Hubungan Internasional di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. di fakultas ini kebetulan ada beberapa alumni dan MAPK MAN 1 Surakarta yang menjadi dosen dan mahasiswa. Ide kunjungan ke HI inipun karena banyak siswa yang termotivasi untuk menjadi politisi, atau diplomat, karena beberapa alumni banyak yang terjun ke bidang itu , bahkan ada yang dikenal luas sebagai pengamat politik seperti Burhanudin Muhtadi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »