Sumpah Pemuda...!!!

5:46 AM


Surakarta, 28 oktober Seluruh siswa MAN 1 Surakarta menyelenggarakan Upacara dalam rangka Hari Sumpah Pemuda. Kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap tanggal 28 Oktober ini dalam rangka upaya untuk mengingatkan kembali akan pentingnya perjuangan. Seperti biasa, perayaan sumpah pemuda menjadi perhatian banyak pihak. Salah satu contohnya, beberapa daerah meminta anak-anak sekolah untuk mengenakan pakaian daerah. Mereka juga diorganisir untuk menyelenggarakan kegiatan seni budaya.

Kita patut berbangga dan berterima kasih kepada para pendahulu bangsa kita. Dari sekian banyak perjuangan yang mereka lantangkan, mereka juga mengakui peran kaum muda dalam membangun bangsa dan negara. Adalah sumpah pemuda, 28 Oktober 1928 yang menjadi karya dan roh bagi para pemuda Indonesia hingga sekarang. Saya katakan sumpah pemuda sebagai roh karena pesan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Pesan dan nilai-nilai yang terkandung di dalam sumpah pemuda tidak lekang oleh waktu. Saya yakin sumpah pemuda akan tetap relevan dan aktual bagi para pemuda Indonesia hingga kapan pun.

Seperti biasa, perayaan sumpah pemuda menjadi perhatian banyak pihak. Salah satu contohnya, beberapa daerah meminta anak-anak sekolah untuk mengenakan pakaian daerah. Mereka juga diorganisir untuk menyelenggarakan kegiatan seni budaya.

Kegiatan seperti ini bisa mengingatkan kaum muda kalau budaya indonesia ada di tangan mereka. Kekayaan budaya dan segala aspek kehidupan di Indonesia ada di tangan kaum muda. Salah mendidik kaum muda, dampaknya bisa pada kelancaran bangsa. Tetapi saat kaum muda dididik dan diarahkan dengan baik, masa depan bangsa berada di jalur yang mencerahkan.
Sumpah pemuda mesti dihidupi setiap hari. Perayaan sumpah pemuda pada setiap tanggal 28 Oktober hanyalah bentuk bagaimana kaum muda menghidupi nilai-nilai sumpah pemuda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »